Enggak mood?

Yak karena akhir-akhir ini saia juga mengalami yang namanya enggak mood, alias arwah terbang setiap kali mau menulis/ menggambar. Jadi untuk topik bahasan menulis kali ini saia akan sharing penyebab dan cara mengatasinya, moga-moga bermanfaat ^o^

Jadi… saia yakin ini adalah penyakit utama yang sering dialami oleh penulis dan illustrator.

Sebenarnya apa sih penyebabnya, kenapa di satu waktu kita bisa semangat
(ง`▽´)ง RAWR! mengerjakan apa yang kita sukai bahkan sampe nggak makan nggak tidur? Tapi di saat lain kadang bisa sangat muak sampe pengen banting meja? (╯‵□′)╯””┻━┻☆(>○<)

Kalo  pengalaman saia sih, kehilangan mood itu cara otak kita memberitahu kalau kita kalau dia sudah letih dan perlu istirahat.  Saat berolahragapun ada saat dimana badan udah capek bukan main dan kalo dipaksain terus malah jatuh pingsan kan? Sama dengan tubuh yang bisa teler karena aktivitas fisik. Otak juga bisa teler karena aktivitas berpikir kreatif.

Lalu kalau udah begitu gimana memulihkannya? Apalagi kalau menjelang deadline?????  ƪ(°͡▿▿▿▿▿▿°”)͡ƪ #panik mode on

Sebenarnya nggak ada rumusan pasti gimana mengistirahatkan otak sampai dia siap untuk diajak terjun lagi ke meja gambar atau menuangkan ide berupa tulisan. Tapi ada beberapa tips yang biasanya saia terapkan untuk merehabilitasi otak supaya kembali ke kondisi siap tempur.

1. Istirahat

Sebelum merehabilitasi otak, ada baiknya kita istirahatkan dia. Caranya macam-macam: ada dvd yang sudah dibeli berminggu-minggu tapi belum ditonton? Tonton!
Ada komik favorit yang baru terbit? Beli!
Ada makanan yang sudah lama ingin dicoba? Makan yang puas!
Ada game yang kepengen dicoba? Main sampe lega!
Pengen tidur seharian aja? Lakukan!

Pokoknya keluar dari rutinitas dan bersenang-senang dulu, jangan merasa bersalah karena mengabaikan deadline. Asal kamu ingat bahwa aktivitas ini bertujuan untuk relaksasi dan refreshing serta ada rencana jelas kapan kamu harus bekerja lagi, itu bukan procrastinating. Itu istirahat, dan istirahat itu perlu!

Kejenuhan bisa disebabkan karena aktivitas yang sama dan berulang-ulang. Dengan mengubah aktivitas juga menyegarkan otak agar siap beraktivitas lagi.

2. Susun rencana

Walau istirahat jangan melupakan pekerjaan yang menanti. Saat istirahat bisa digunakan juga untuk mengevaluasi apa yang telah dikerjakan. Apa karya yang dihasilkan sudah ok? Kalau ada kekurangan kira-kira apa? Apa yang bisa dilakukan saat mulai bekerja lagi nanti untuk memperbaiki?

Catat hal-hal itu diatas kertas, gunakan post it yang bisa ditempel di meja kerja. Bisa juga mencari ide/ strategi untuk menyelesaikan sisa pekerjaan dengan lebih efisien.
Tapi jangan lakukan apapun sampai periode istirahatmu berakhir ya~

Jadi saat masa istirahatmu selesai, kamu sudah punya TO DO LIST yang bisa dikerjakan. TO DO LIST juga membantu mengatasi kebuntuan yang terjadi akibat kehilangan mood, dengan list kamu jadi punya panduan apa yang harus dilakukan ^_^

3. Ubah suasana kerja

Pindah lokasi dari tempat dimana kamu biasa kerja, bisa cari kafe yang murah meriah, bisa kerja di ruang baca yang ada di kampus (buat yang masih kuliah) atau bawa pekerjaan ke rumah teman yang seprofesi/ sehobby dan kerja bareng-bareng.

Berikut adalah tips tips yang bisa dilakukan setiap hari untuk mencegah kejenuhan dan keletihan:

1. Mensana incorpore sano: di dalam tubuh yang sehat ada jiwa yang sehat. Apa minum cukup air putih? Apa pola makanmu sehat? Apa kamu berolahraga cukup? Apa waktu tidurmu cukup?

2. Tinggalkan pekerjaan 30 menit sebelum kamu berniat tidur. Ijinkan otak untuk istirahat sejenak dari naskah/ gambarmu. Baca buku yang ringan atau menonton film sebelum tidur, atau cukup pejamkan mata diatas tempat tidur.

3. Work smarter not harder. Waktu kerja panjang nggak selalu lebih baik. Usahakan mengoptimalkan waktu bekerja ketimbang menambah jam kerja. Pisahkan jam kerja dan jam bersenang-senang. Jangan sampai kerjaan nggak selesai-selesai karena refresh halaman FB dan twitter tiap 5 menit sekali. Lebih baik istirahat 30 menit untuk memuaskan keinginan bergossip di jejaring sosial lalu tutup FB/ twitter dan mulai kerja (ง`▽´)ง RAWR!

Yosh, demikian sharing dari saia. Ahh iya yang diatas itu dari pengalaman pribadi sepenuhnya, silahkan tambahkan atau kurangkan sendiri sesuai kebutuhan masing-masing dan semoga bermanfaat ^_^

Advertisements

2 thoughts on “Enggak mood?

  1. Yang tutup halaman FB dan twitter itu kurasa bagus juga 😀

    *sering refresh halaman kaskus, goodreads, tiap 2 menit sekali =))*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s