Ther Melian Fan Fiction Contest

Yak, setelah sekian lama nggak update, akhirnya saia update lagi blog ini kali ini dengan pengumuman “Ther Melian Fan Fiction Contest” ^o^
Bagi teman-teman yang belom tahu, Ther Melian adalah tetralogi novel fiksi-fantasi yang saia tulis dan udah diterbitkan sampai tamat oleh Elex Media Komputindo.

Nah, dengan tamatnya serial ini muncul beragam reaksi dari pembaca. Diantaranya ada mengirimkan karya-karya berupa gambar (fan-art) dan cerita pendek menggunakan tokoh-tokoh dari novel Ther Melian (fanfiction). Untuk menampung luapan kreativitas itu, saia pernah bekerjasama dengan Elex dan panitia Kompas Gramedia Fair pernah menyelenggarakan lomba fan-art yang berlangsung dengan sukses.

Menyambung kesuksesan tersebut, sekaligus menanggapi keinginan teman-teman yang menginginkan jenis lomba yang berbeda,  kali ini saia ingin mengadakan lomba bagi pecinta Ther Melian yang mempunyai kecintaan untuk menulis fiksi-fantasi.

Melalui Ther Melian Fan Fiction Contest ini, teman-teman dapat mengasah kemampuan menulis dan kreativitas, sambil menuangkan imajinasi teman-teman tentang dunia dan karakter Ther Melian. Berikut adalah syarat dan ketentuannya.

SYARAT DAN KETENTUAN

1. Cerita adalah karya asli peserta, bukan saduran atau jiplakan.
2. Cerita belum pernah dipublikasikan sebelumnya di media cetak maupun elektronik.
3. Cerita harus berkesinambungan dengan Tetralogi Fantasi Ther Melian, boleh berupa:
Prequel (cerita pendek terjadi sebelum kisah tetralogi)
Midquel(cerita pendek terjadi di sela-sela kisah tetralogi)
Sequel (cerita pendek terjadi setelah kisah tetralogi)
contoh cerpen dapat dibaca disini dan disini

4. Cerita yang ditulis bertemakan kasih sayang. Makna kasih sayang disini sangat luas. Peserta boleh mengetengahkan kasih sayang suami dan istri, kasih sayang sepasang kekasih, kasih sayang orang tua dan anak, kasih sayang keluarga, kasih sayang antara sahabat, dan lain-lain.
5. Cerita yang ditulis harus mengangkat salah satu tokoh sentral Ther Melian sebagai tokoh utama cerita. (Yang termasuk dalam tokoh sentral antara lain: Vrey, Leighton, Rion, Ashca, Desna, Valadin, Ellanese, Laruen, Karth, Eizen) Selain tokoh sentral boleh juga menghadirkan tokoh-tokoh pendukung lainnya (antara lain: anggota geng kucing liar, Reuven, Lyra, Izahra, Feyn, dan lain-lain)
6. Untuk mengenal lebih banyak tentang tokoh-tokoh tersebut, kamu bisa membaca kisah mereka di buku tetralogi Fantasi Ther Melian, atau melihat pada website (http://thermelian.co.cc)
7. Cerita ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
8. Panjang cerpen minimal 3000 kata dan maksimal 3500 kata.
9. Yang penting untuk diperhatikan, alur cerita dan penokohan tidak boleh bertentangan dengan alur cerita maupun penokohan asli dari keempat buku Ther Melian. Semakin tinggi kesesuaian cerita peserta dengan cerita asli, semakin baik

PENGIRIMAN CERPEN

1. Posting cerpen kamu pada halaman facebookmu (menggunakan aplikasi notes)
2. Tag sedikitnya 30 temanmu dan akun FB TherMelian
3. Kirimkan email dengan judul ‘Ther Melian Fan Fiction Contest’ kepada TherMelian@gmail.com paling lambat tanggal 15 Desember 2012, yang berisi:

– Nama pena
– Nama asli (lengkap)
– Alamat rumah/tempat tinggal
– Link/ URL halaman facebook yang berisi ceritamu

PENTING: pastikan security setting halaman facebookmu mengijinkan semua orang untuk mengakses notes tersebut

4. Apabila cerpenmu sudah memenuhi syarat dan lolos seleksi awal sebagai peserta kamu akan mendapatkan pemberitahuan via email

PEMENANG DAN HADIAH

1. Tiga cerita terbaik akan diumumkan pada tanggal 1 Januari 2013
2. Masing-masing pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai senilai Rp 250.000,- dan paket buku masing-masing Rp 150.000,- (buku bisa dipilih sendiri oleh pemenang dari website: http://gramediapustakautama.com, http://elexmedia.co.id, http://penerbitkpg.com)
3. Selain itu tiga cerpen pemenang dan beberapa cerpen yang dianggap baik juga akan dimuat di dalam buku “Ther Melian: Love Anthology” yang akan diterbitkan pada awal Februari 2013
4. Keputusan Juri tidak dapat diganggu gugat.

Jadi tunggu apa lagi?
Mulailah berkreasi dan tuangkan imajinasimu dalam bentuk tulisan~  ^_^

Advertisements

10 thoughts on “Ther Melian Fan Fiction Contest

  1. boleh ga kak, ceritanya tentang perjalanan vrey dan aelwen. tapi cerita cintanya bukan tentang mereka / salah satu dari mereka. tapi tentang kisah cintanya orang lain di sekitar vrey dan aelwen. (vrey dan Aelwen sebagai org yang membantu kisah mereka)

  2. Pingback: Ther Melian fanfiction contest FINALE! « Shienny's Rants

  3. Pingback: Ther Melian Anthology giveaway~ « Shienny's Rants

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s