NaNoWriMo makanan apa tuh?

Yoooo ketemu lagi di akhir bulan Oktober ini, karena bulan depan adalah November yang juga menjadi bulan dilaksanakannya event menulis NaNoWriMo dan saia nggak tau mau nambahin apa di topik Book Publishing 101 jadi kali ini saia mau cerita dikit aja yah tentang apa itu NaNoWriMo dan apa  manfaat ikut NaNo bagi penulis ^_^

NaNoWriMo Makanan apa sih?

National Novel Writing Month (alias NaNoWriMo) bukan nama makanan ^^ (walau dulu saia sempat berpikiran itu nama permen yang rasanya manis-asem-asin) NaNoWriMo adalah event menulis yang dilaksanakan secara annual (tahunan) tepatnya di bulan November. Tujuannya adalah agar peserta NaNoWriMo menulis sebuah naskah novel  sepanjang 50 ribu kata atau lebih dalam waktu satu bulan saja. NaNoWriMo dilaksanakan via internet, tepatnya di situs INI

Walaupun tertulis National (Nasional) kenyataannya NaNoWriMo terbuka bagi siapa saja di seluruh penjuru dunia. Siapapun bisa ikut bergabung dan ‘berpesta’ dalam kegilaan mengejar deadline 50 ribu kata. Bahkan saking banyaknya peserta NaNoWriMo dari penjuru dunia, web NaNo menyediakan  beberapa region sehingga peserta bisa bergabung region sesuai dengan lokasi tempat tinggalnya, berinteraksi di forum, dan menemukan writing buddies alias teman-teman penulis yang berasal dari negara bahkan kota yang sama

Sekedar informasi untuk region Indonesia dapat diakses di SINI

Jadi dengan mengikuti NaNo, selama sebulan kalian akan ditantang untuk menulis, dan melaporkan hasilnya (berapa jumlah kata yang sudah didapat per hari di web NaNo) serta di akhir bulan kalian bisa upload seluruh hasil tulisan di web untuk verifikasi jumlah huruf. Dan kalau jumlah huruf kalian memenuhi quota minimal yang ditentukan kalian akan mendapatkan badge pemenang yang bisa dipajang di web atau blog pribadi kalian atau sertifikat yang bisa di print sendiri untuk kepuasan diri.

Ga ada hadiahnya? Terus gw harus bilang WOW gitu? ngapain ikut?

NaNoWriMo memang tidak menyediakan hadiah berupa uang maupun material. Terus apa tujuannya ikut dong? Tentu saja BANYAK, berikut beberapa yang saia rasakan sendiri manfaatnya:

Menumbuhkan kebiasaan menulis cepat

Percaya nggak percaya saat mengikuti NaNoWriMo kecepatan menulis saia naik 10x lipatnya ^^ Kalau biasanya sehari cuma 500-600 kata, di hari2 yang baik saia bisa mencapai 8000 kata per hari saat ikut NaNo. Mungkin karena diuber deadline ketat, saia jadi nggak menyia-nyiakan mood dan muse (alias inspirasi) yang mendadak hinggap. Kalau perlu ketik dulu pake hape lalu ntar disalin ke naskah saat ada waktu.

Melatih diri untuk menulis lebih baik dan menulis tanpa mood

Menulis itu masalah habit/ kebiasaan. Semakin sering kebiasaan baik ini dilakukan, semakin terbiasa pula otak kita melakukannya. Dengan dipaksa menulis terus menerus selama 30 hari, otak kita akan terlatih untuk merangkai kata-kata. Bahkan di saat kita udah nggak mood sekalipun kita akan dipaksa untuk menulis untuk memenuhi target.  Memang kualitas tulisan yang dihasilkan saat NaNo tidak bisa maksimal, tapi kalau otak sudah terbiasa. Selepas Nano, saat kalian menulis, kalian tidak akan sampai mengalami kebuntuan parah. Selalu akan ada kata-kata terangkai, dan prosa secara otomatis mengalir, nggak perlu lama menunggu mood hadir baru menulis.

Menghasilkan draft novel dalam waktu singkat

Banyak teman-teman penulis yang ingin mencoba mengirimkan novel ke penerbit, namun mereka bahkan tidak punya naskah jadi yang siap dikirim. Dengan mengikuti NaNo kalian bisa memaksa keluar ide-ide yang sudah lama mengendap di kepala. Dan siapa tahu, di akhir NaNo nanti, nggak cuma ide tersebut mewujud menjadi naskah, kepala kalian pun sudah ‘fresh’ dan siap dihinggapi ide-ide baru.

TRIVIA: draft awal Ther Melian Discord dan Ther Melian Genesis ditulis saat NaNoWriMo tahun 2010, kemudian direvisi dan diterbitkan Oktober 2011 dan Maret 2012 ^_^

Jadi sebaiknya ikutan apa nggak?

Sepenuhnya terserah kalian. Tapi saia rasa selama nggak ada kesibukan yang sangat penting dan gak boleh ditinggalkan, gak ada salahnya mencoba kan? Kalau kalian berhasil memenuhi tantangan, artinya kalian punya draft setebal 50ribu kata yang bisa diedit, diolah, direvisi atau ditulis ulang sampai jadi naskah menarik dan siap dikirim penerbit di tahun 2013 nanti. (Ingat salah satu jalan untuk menerbitkan karyamu adalah: menulis sebanyak mungkin dan mengirimkan naskah jadi ke penerbit)

Walaupun nggak lulus menulis 50ribu kata sekalipun, minimal kalian punya 40ribu/ 30ribu/20ribu/10ribu, bahkan 5ribu pun lebih baik daripada nol, bukan? (Walau saia yakin kalian harusnya bisa dapet lebih dari 5000 dalam tempo waktu sebulan ^^)

Advertisements

3 thoughts on “NaNoWriMo makanan apa tuh?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s